Jumat, 17 Juli 2009

Talent Scouting Kepala Sekolah

Pelaksanaan dan Pemanfaatan Hasil Talent Scouting
Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, oleh karena itu seorang Kepala Sekolah harus memiliki kualitas kinerja yang handal dan memiliki keunggulan. Untuk menjaring calon kepala sekolah yang berkualitas, sejak tahun anggaran 1994/1995 Direktorat Dikmenjur bersama-sama dengan pihak Kanwil Depdikbud dan PPPG lingkup Kejuruan telah melaksanakan program penyiapan Kepala SMK yang tersebut Talent Scouting;

Program Talent Scouting merupakan seperangkat kegiatan yang bertujuan untuk melakukan penelusuran bakat/seleksi calon kepala SMK, yang diselenggarakan melalui tahapan sebagai berikut :
* Seleksi tahap satu (seleksi administratif) yang dilakukan sepenuhnya oleh pihak wilayah dalam hal ini Bidang Dikmenjur/Kanwil Depdikbud, di propinsi terkait;
* Seleksi tahap dua (seleksi kemampuan calon), yang dilaksanakan di wilayah oleh TIM Talent Scouting (TS) tingkat Pusat (unsur Dit. Dikmenjur dan PPPG Lingkup Kejuruan) bersama-sama dengan tim seleksi wilayah melalui kegiatan wawancara dan evaluasi proposal yang bersangkutan;
* Seleksi tahap tiga (tahap akhir), yang dilaksanakan melalui penataran Calon Kepala SMK di 6 (enam) PPPG Lingkup Kejuruan selama 3 (tiga) bulan.

Sampai dengan tahun 1998/1999 program Talent Scouting telah dilaksanakan sebanyak 4 (empat) angkatan dan telah meluluskan sebanyak 688 orang. Dari 688 orang cakasek dimaksud, telah diangkat dan ditempatkan sebanyak 476 orang, selebihnya sebanyak 212 orang akan segera diupayakan pendayagunaannya untuk mengisi lowongan kepala SMK baik Negeri maupun Swasta.
Sumber : http://seksi-informasi.itgo.com/talentscouting.htm

A. Tujuan :
- Memahami dan mengimplementasikan kebijakan Pendidikan Nasional dalam bidang Dikmenjur
- Memahami dan mengembangkan organisasi SMK
- Mengimplementasikan Effective Leadership di sekolah masing-masing
- Mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada di sekolah masing-masing

B. Materi Program:
- Kebijakan Pendidikan Menengah Kejuruan
- Pengembangan Entreoreneurial pada tamatan SMK
- Pengorganisasian sekolah
- Kepemimpinan yang efektif di sekolah
- Perancangan program pemberdayaan sekolah
- Pemberdayaan Sumber daya sekolah untuk Income Generality Unit (IGU)
Sumber : http://www.rajaraja.com/dt_prd_br.php?id_produk=2436

Tes Calon Kepala SMK DKI Jakarta (Talent Scouting)
Seingat saya, sejak tahun 2003, suatu perubahan positif yang terjadi di Seksi SMK Dinas Pendidikan Dimkenti Propinsi DKI Jakarta adalah dalam hal sistem rekrutmen calon Kepala Sekolah SMK. Sistem rekrutmen dilakukan melalui talent scouting.

Talent scouting sebagai upaya rekrutmen calon kepala SMK dilakukan dengan motto “Bersih Transparan dan Profesional”. Seluruh calon diuji melalui beberapa tahap seleksi, yakni:

1. SELEKSI TAHAP I:
Seleksi berkas, termasuk di dalamnya membuat karya tulis tentang pengembangan sekolah.

2. SELSKI TAHAP II:
Seleksi Kompetensi yang terdiri dari 3 komponen:
a. Tes teori, mencakup :tes kemampuan diri (psiko tes), pengalaman kerja, inovasi dan kraetifitas, pemahaman sekolah dan bahasa inggris.
b. Tes Wawancara.
c. Presentasi Makalah.

III. DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH
Perubahan ini merupakan hembusan angin segar bagi perubahan paradigma pengelolaan lembaga pendidikan. Amanat leader di sekolah tidak lagi didasarkan kepada senioritas semata-mata, akan tetapi lebih didlihat pada kompetensinya.

Sistem ini masih sangat menghargai senioritas guru selama ia memang mampu, tetapi juga memberi kesempatan luas bagi SDM muda yang memang punya potensi lebih.

Dan, alhamdulillah, tahun ini, 2009, kegiatan ini kembali dilakukan. Pengumuman seleksi sudah mulai dilakukan sejak maret 2009. Berkas peserta yang diusulkan harus sudah masuk pada tanggal 17 April 2009.

Semoga saja, di tahun ini, rekrutmen berjalan dengan baik, dan didapatkan calon-calon handal para leader potensial untuk kemajuan pendidikan di masa yang akan datang, amin.

This entry was posted on Friday, April 17th, 2009 at 7:37 am and is filed under 4.Education Info. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Sumber : http://zaynet.wordpress.com/2009/04/17/talent-scouting/