Jumat, 24 Oktober 2008

Penjelasan Jardiknas Lambat

Sedikit membantu menjelaskan, agar kita ada sedikit pencerahan kenapa Jardiknas lambat.Kesalah-pahaman kita banyak terjebak karena tidak paham apa yang telah diputuskan dalam Kebijaksanaan Pemerintah perihal Jardiknas ini. Oleh itu mohon pihak yang memahami Jardiknas baik dari Tim yang dahulu telah menangani Jardiknas maupun yang saat ini melanjutkan pengelolaannya bisa mengoreksi penjelasan saya ini.
Kontrak Jardiknas terbagi dalan dua bagian utama:
PERTAMA, Jardiknas dibangun kerjasama dengan Telkom selaku pemenang Tender dengan Topologi INTRANET VPN IP MPLS dan VSAT IP. Oleh karena itu sasaran utama penggunaannya menyambungkan koneksi antar lembaga pendidikan Dinas Pendidikan Kota / Kabupaten (443), Dinas Provinsi (33), SKB, Politeknik/Provider, ICT Center / Sekolah dsb. Setiap titik tersebut dibelakangnya terdapat banyak komputer dari sejumlah 1 unit hingga 500 unit bahkan lebih banyak lagi khususnya di ICT Center yang dishare ke sekolah lain lagi.
KEDUA, Jardiknas diinjeksikan atau diisikan INTERNET yang meliputi INTERNASIONAL Akses dan NASIONAL akses (IIX) kalau tahun 2007 berkisar 100 Mbps dan 100 Mbps. Kalau menurut mas Dwi selaku admin di Pustekkom beberapa hari yang lalu menjelaskan di mailis ini sekarang diturunkan hingga berkisar 50 Mbps dan 50 Mbps

Oleh karena itu sebelum mengklain gangguan harus diperiksa oleh teknisi JaringaN lebih dahulu kebenaran gangguannya. Diataranya ada dua area yang harus kita yakinkan.
1. Gangguan di INTRANET, apabila link dari daerah (router Telkom di titik Jardiknas sisi User) ke sisi NOC Admin Jardiknas yang di (Biro PKLN lantai 7 di tahun 2007 sd Maret 2008) dan di Pustekkom Ciputat - Jakarta untuk saat ini. Bisa kontak dengan mas Dwi S langsung selaku penanggung jawab di jaringan IT nya. Atau bisa minta help desk Telkom 0800 183 5566 ( 0800 1 TELKOM ) dengan menyebutkan ID lokasi terminal telkom yang ada di daerah. Mereka meyayani 24 jam non stop. Mintakan trouble tiket dan catat penerima pengaduan agar bisa terus dipantau hingga tuntas. Bila perlu mintalah dilakukan Bit Error rate (BER) Test. Pihal Multimedia Telkom akan menginformasikan layak atau tidaknya link Intranet anda. kalau tidak layar Dinas/Sekolah yang mendapat terminal Telkom bisa langsung meminta Telkom membereskan, karena itu hak Pelanggan.

2.