Kamis, 24 September 2009

Kurikulum Program Doktor - UNJ

A. Komponen Kurikulum
1. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 045/U/2002 dan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 053/U/1993 Pendidikan Program Doktor merupakan program terstruktur yang terdiri dari pendidikan kemampuan dasar dan kekhususan serta penelitian.
2. Mata Kuliah Landasan Penguasaan Ilmu dan Keterampilan (MKK) memberikan pengetahuan umum yang mendasari pembentukan kemampuan meneliti sehingga terampil dalam berkarya berdasarkan ilmu yang dikuasai. Artinya, mata kuliah ini wajib diikuti dan mendapat kredit.
3. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) ini sama dengan mata kuliah yang diberikan pada program magister dan bertujuan untuk:
3.1. Memberikan persepsi dan pemahaman yang sama bagi mahasiswa program doktor, yang bukan merupakan lulusan Program Pascasarjana UNJ, tentang epistemologi keilmuan dan produser serta substansi penulisan disertasi.
3.2. Penyediaan wacana untuk pengembangan gagasan dalam penyusun disertasi bagi seluruh mahasiswa baik lulusan Program Pascasarjana UNJ maupun yang berasal dari perguruan tinggi lain.
4. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai
5. Mata Kuliah Pre requisite. Khusus diberikan pada mahasiswa yang berasal dari program non-kependidikan dan atau nonlinier diwajibkan mengikuti mata kuliah prerequisite.
6. Berdasarkan pemikiran tersebut maka komponen kurikulum program doktor terdiri
dari Mata Kuliah Landasan Penguasaan Ilmu dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah
Perilaku Berkarya (MPB), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Pre
requisite (MKP), dan Disertasi.
7. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPK) merupakan pengetahuan dasar kependidikan yang harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi yang terkait dengan bidang pendidikan.
8. Mata Kuliah Pre-requisite (MPK) adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonkependidikan. Mata Kuliah Prerequisite dimaksudkan untuk memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan selanjutnya.
9. Mata Kuliah Kahlian Berkarya (MKB) adalah pengetahuan yang membentuk keahlian berkarya. MKB merupakan pengetahuan keahlian yang harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari program studi tertentu.
10. Disertasi adalah hasil penelitian yang mengajukan pemikiran-pemikiran baru baik dalam lingkup pemecahan masalah maupun pengembangan ilmu.
B. Mata Kuliah Landasan Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
1. Mata Kuliah Landasan Keilmuan dan Keterampilan (MKK), sebagaimana telah disinggung sebelumnya, merupakan kegiatan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang epistemologi keilmuan, prosedur, dan substansi penulisan disertasi, serta wacana untuk pengembangan gagasan dan penyusunan usulan disertasi.

2. Mata Kuliah MKK diarahkan pada “membentuk kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian “sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor.
3. MKK merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
4. Mata Kuliah Landasan Keilmuan dan Keterampilan (MKK) adalah:
4.1 Filsafat Ilmu II (3 sks)
Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari Filsafat Ilmu I dan bertujuan agar di samping mencapai tujuan Filsafat ilmu I, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan sejarah perkembangan dan hakikat ilmu, implementasi berfikir ilmiah dalam memperkaya khasanah penalaran, ekstrapolasi berpikir, psikodelik (extension of the mind), memperluas wawasan ilmu dan menumbuhkan pelatuk spirit inovasi (to trigger the spririt of innovation). Berdasarkan tujuan tersebut maka mata kuliah ini berisi landasan sejarah dan perkembangan serta hakikat ilmu; perluasan wawasan tentang epistemologi, ontologi dan aksiologi serta kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, dan pendidikan; pengembangan ilmu dalam peradaban manusia; pengembangan ilmu sebagai titik puncak perkembangan manusia (the ascent of man).
4.2 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
Mata kuliah ini berisi tentang berbagai jenis penelitian, desain-desain penelitian, konsep mendalam mengenai populasi dan sampling, instrumentasi beserta kalibrasinya, aplikasi analisis path & LISREL, analisis diskriminan, analisis Canonical, dan Manova, serta analisis faktor, konsep penelitian kualitatif, action research, Research & Development Steps, dan teknik penulisan ilmiah, sehingga melalui penguasaan materi tersebut mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan disertasi secara efektif dan variatif relevan dengan kekhususan di bidang program studinya.
C. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
Mata Kuliah Dasar Kependidikan adalah pengetahuan dasar yang membentuk kemampuan lulusan dalam profesi kependidikan yang sesuai dengan program doktor yakni:
1.1 Membentuk kemampuan dasar mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu atau profesinya melalui penelitian.
1.2 Membentuk kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerapan keahliannya secara profesional.
Mata Kuliah Dasar Kependidikan adalah mata kuliah perilaku berkarya yang merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi. Mata kuliah ini termasuk ke dalam kelompok MPB
1.1 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dinamika perkembangan pendidikan dalam proses perkembangan masyarakat negara dan bangsa, terutama negara dan bangsa Indonesia, Memahami dan kompeten tentang isu-isu sentral pendidikan baik isu-isu masa lalu (old issues), sekarang (current issues), dan issue masa depan (future issues)pada tingkat makro, memahami kedudukan strategis hal-hal tentang isu-isu yang bertentangan (controversial issues),dalam masyarakat pendidikan seperti isu-isu tentang kurikulum dan isu-isu tentang peranan dan kedudukan tenaga kependidikan dalam menjamin terlaksananya sistem kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan.
1.2 Orientasi Baru dalam Pedagogik
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan konsep pedagogik kontemporer karena dampak globalisasi, demokratisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi. Demikian pula dikaji pengaruh filsafat manusia posmodernisme, teori kritik sosial, humanisme pembebasan, perjumpaan konsep pedagogik kontinental dengan pragmatisme Amerika Utara, pengaruh psikologi modern, dan pedagogik kritis. Selanjutnya, sebagai ilmu praksis, kaitan pedagogik dengan ilmu-ilmu kognitif, antropologi, dan ilmu politik.
D. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
Mata Kuliah Keahlian berkarya sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor.
1. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah pengetahuan kekhususan yang membentuk kemampuan keahlian. MKB merupakan kegiatan yang diarahkan pada kemampuan untuk “mengembangkan konsep baru” di bidang ilmu atau profesi, sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor.
2. MKB merupakan pengetahuan keahlian yang harus dimiliki oleh setiap peserta program doktor dari setiap program studi tertentu.
3. Komponen Mata Kuliah Keahlian adalah 6 (enam) mata kuliah bidang studi untuk setiap bidang studi masing-masing 3 sks.
4. Dua buah mata kuliah MKB dapat diambil pada program studi atau program pascasarjana lain selama relevan dengan disertasi yang akan disusun. Pengambilan mata kuliah di luar program studi harus sepengetahuan dan seizin Ketua Program Studi.
E. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
1. Bagi mahasiswa yang berasal dari program non-kependidikan diwajibkan mengikuti mata kuliah Pre-requisite.
2. Mata kuliah Pre-requisite terdiri dari:
2.1. Filsafat Pendidikan (3 sks)
2.2. Mata kuliah yang ditetapkan oleh Program Studi sebagai berikut:
a. MP : Manajemen Peningkatan Mutu (3 sks)
b. TP : Dimensi Kultural Psikologis dalam
Pendidikan (3 sks)
c. PEP : Teori Tes (3 sks)
d. PKLH-ML: Ekologi Umum (3 sks)
e. PB : Bahasa dan Budaya (3 sks)
f. PUD : Teori-teori Perkembangan (3 sks)
F. Disertasi
Disertasi mempunyai beban 14 sks yang terdiri dari:
1. Seminar Usulan Disertasi (2 sks)
2. Disertasi Doktor (12 sks)

C. Struktur Kurikulum, Susunan Mata Kuliah, dan Beban Studi

1. Program Doktor Teknologi Pendidikan SK Dikti: 136/DIKTI/Kep/2007
1.1. Mata Kuliah MKK
PPS 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPS 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
1.2. Mata Kuliah MPB
PPs 603 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 604 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
1.3. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
TP 002 Dimensi Kultural Psikologis dalam Pendidikan (3 sks)
1.4. Mata Kuliah MKB
TP 601 Kecenderungan dalam Teknologi Pendidikan (3 sks)
TP 602 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar (3 sks)
TP 603 Difusi Inovasi Pendidikan (3 sks)
TP 604 Teori, Model dan Keputusan dalam TP (3 sks)
TP 605 Pengembangan Sistem Pembelajaran (3 sks)
TP 606 Kawasan Penelitian dalam TP (3 sks)
TP 697 Seminar Usulan Disertasi TP (2 sks)
2. Program Doktor Pendidikan Bahasa SK Dikti: 136/DIKTI/Kep/2007
2.1. Mata Kuliah MKK
PPS 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPS 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
2.2. Mata Kuliah MPB
PPs 603 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 604 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
2.3. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
PB 002 Bahasa dan Budaya (3 sks)
2.4 Mata Kuliah MKB
PB 601 Perkembangan Linguistik Modern (3 sks)
PB 602 Psikolinguistik (3 sks)
PB 603 Sosiolinguistik (3 sks)
PB 604 Analisis Wacana (3 sks)
PB 605 Telaah Sastra (3 sks)
PB 606 Kawasan Penelitian dalam PB (3 sks)
PB 697 Seminar Usulan Disertasi PB (2 sks)
3. Program Doktor Pendidikan Olahraga SK Dikti: 136/DIKTI/Kep/2007
3.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)

3.2. Mata Kuliah MPB
PPs 607 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 608 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
3.3. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
3.4. Mata Kuliah MKB
POR 601 Teori dan Pengembangan Program Latihan (3 sks)
POR 602 Analisis Pengembangan Sistem Penjas (3 sks)
POR 603 Psikologi Latihan (Mental Training) (3 sks)
POR 604 Manajemen Keolahragaan (3 sks)
POR 605 Perbandingan Sistem Penjas dan Olahraga (3 sks)
POR 606 Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga (3 sks)
POR 697 Seminar Usulan Disertasi POR (2 sks)
4. Program Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, SK Dikti: 136/DIKTI/Kep/2007
4.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
4.2. Mata Kuliah MPB
PPs 607 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 608 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
4.3. Mata Kuliah Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
PKLH 002 Dasar-Dasar Ekologi (3sks)
4.4. Mata Kuliah MKB
PKLH 601 Ekologi Manusia (3 sks)
PKLH 602 Lingkungan dan Pembangunan (3 sks)
PKLH 603 Aspek Kependudukan dalam Pembangunan (3 sks)
PKLH 604 Psikologi Lingkungan (3 sks)
PKLH 605 Manajemen Lingkungan (3 sks)
PKLH 606 Sistem Informasi KLH (3 sks)
PKLH 697 Seminar Usulan Disertasi PKLH (2 sks)
5. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Konsentrasi Manajemen Lingkungan SK Rektor No: 222/SP/2004
5.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
5.2. Mata Kuliah MPB
PKLH 601 Ekologi Manusia (3 sks)
PKLH 602 Aspek Kependudukan dalam Pembangunan (3 sks)
5.3. Mata Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 001 Ekologi Umum (3 sks)
Pre 002 Konsep Pembnganunan Berkelanjutan (3 sks)
5.4. Mata Kuliah MKB
ML 601 Analisis Kebijakan Publik dalam Manajemen
Lingkungan (3 sks)
ML 602 Isu-isu Kritis Lingkungan (3 sks)

ML 603 Manajemen Strategik Lingkungan (3 sks)
ML 604 Manajemen Tata Ruang Perkotaan (3 sks)
ML 605 Kebijakan dalam Pengelolaan SDA (3 sks)
ML 606 Manajemen Konflik dalam Sustainable
Development (3 sks)
ML 607 Kepemimpinan dalam Sustainable Development (3 sks)
ML 608 Pengelolaan Sumber Daya Laut (3 sks)
ML 697 Seminar Usulan Disertasi ML (2 sks)
6. Program Doktor Manajemen Pendidikan
6.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Lajutan (3 sks)
6.2. Mata Kuliah MPB
PPs 607 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 608 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
6.3. Mata Kuliah Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
6.4. Mata Kuliah MKB
MP 601 Berpikir Kesisteman (3 sks)
MP 602 Manajemen Otonomi Pendidikan (3 sks)
MP 603 Perencanaan Strategi Pendidikan (3 sks)
MP 604 Mebijakan dan Pengambilan Keputusan (3 sks)
MP 605 Manajemen Pendidikan Tinggi (3 sks)
MP 606 Aspek Polesosbud dalam Pendidikan (3 sks)
MP 697 Seminar Usulan Disertasi MP (2 sks)
7. Program Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
7.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)
7.2. Mata Kuliah MPB
PPs 607 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan (3 sks)
PPs 608 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
7.3. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
PEP 002 Teori Tes (3 sks)
7.4. Mata Kuliah MKB
PEP 601 Desain dan Analisis Instrumen (3 sks)
PEP 602 Psikometri (3 sks)
PEP 603 Metode Kuantitatif (Operation Research (3 sks)
Analisis dan Sistem Jaringan)
PEP 604 Paradigma Evaluasi (3 sks)
PEP 605 Statistika Multivariat (3 sks)
PEP 606 Kawasan Penelitian dalam PEP (3 sks)
PEP 697 Seminar Usulan Disertasi PEP (2 sks)

8. Program Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (Konsentrasi dari TP)
8.1. Mata Kuliah MKK
PPs 601 Filsafat Ilmu II (3 sks)
PPs 602 Metodologi Penelitian Anak Usia Dini (3 sks)
8.2. Mata Kuliah MPB
PPs 607 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan AUD (3 sks)
PPs 608 Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 sks)
8.3. Mata Kuliah Pre-requisite (MKP)
Pre 002 Filsafat Pendidikan (3 sks)
PAUD 002 Teori-teori Perkembangan (3 sks)
8.4. Mata Kuliah MKB
PAUD 601 Psikolinguistik khusus AUD (3 sks)
PAUD 602 Teori Pembelajaran melalui Bermain
dan Aplikasinya pada Anak Usia Dini (3 sks)
PAUD 603 Manajemen Organisasi dan Penyeleng- (3 sks)
garaan Pendidikan dan Pengembangan AUD
PAUD 604 Pendidikan bagi AUD berkebutuhan Khusus (3 sks)
PAUD 605 Teori dan Praktik Developmental (3 sks)
Appropriate Practice
PAUD 606 Kapita Selekta Teori dan Issu dalam PUD (3 sks)
PAUD 697 Seminar Usulan Disertasi PUD (2 sks)
9. Program Doktor Sumber Daya Manusia (Konsentrasi MP) (SK Rektor No: 766/S P/2006)
9.1. Mata Kuliah MKK
MSDM 601 Strategic Management (3 sks)
MSDM 602 Performance Management (3 sks)
MSDM 603 Research Methodology in Human
Resources Management (3 sks)
MSDM 604 Critical Issue Management (3 sks)
9.2. Mata Kuliah Pre Requisite (3 SKS)
MSDM 001 Human Resources Development (3 sks)
9.3. Mata Kuliah Program Studi (18 SKS)
MSDM 605 Human Resources Planning (3 sks)
MSDM 606 Changes Management (3 sks)
MSDM 607 Inter Culture Management (3 sks)
MSDM 608 Human Capital Management (3 sks)
MSDM 609 Leadership and Human Resources
Development (3 sks)
MSDM 610 Managing Industrial Relation (3 sks)
10. Disertasi
PPS 697 Seminar Usulan Disertasi (2 sks)
PPS 699 Disertasi Doktor (12 sks)

11. Sebaran Beban Studi
Berdasarkan penyusunan mata kuliah dan beban studi maka sebaran beban studi adalah sebagai berikut:
Tabel Sebaran Beban Studi
KOMPONEN BEBAN STUDI PPs UNJ
(SKS)
MKK 6
MPB 6
MKB 18
PENELITIAN
(MKB) 14
TOTAL 44

Beban studi sebesar 44 sks sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 056/U/1994 Bab III Pasal 5 ayat (3) yang menyatakan bahwa “beban studi Program Doktor sekurang-kurangnya 40 sks yang dijadwalkan untuk sekurang-kurangnya 4 semester dan selama-lamanya 10 semester.
Sumber : PPs UNJ 2009